CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Social Profiles

Facebook  Twitter  Google+ Soundcloud Instagram Yahoo

Jumat, Januari 17, 2014

Kenapa Indonesia Harus Merdeka?

Terkadang banyak pertanyaan yang muncul di kepala manusia tentang merdeka. Entah itu pengertian, makna, arti penting, proses, cara mempertahankan, dll.

Indonesia telah merdeka sejak tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus. Berbagai macam bentuk perjuangan telah dilakukan untuk sebuah kata bernama "merdeka". Kata yang tidak hanya sebuah kata yang terucap dari lisan, namun juga harus tertanam di dalam hati mereka.


Kalau saat ini kita menjawab pertanyaan, "Kenapa Indonesia harus merdeka?". "Apa pentingnya kemerdekaan bagi Indonesia?". Mungkin jawabannya tidak muluk-muluk.

Pertama, "Ya, karena setiap negara mempunyai hak untuk merdeka, termasuk Indonesia"
Kedua, "Indonesia sanggup membentuk negara sendiri yang merdeka seperti negara-negara lain"
Ketiga, "Karena Indonesia sudah terlalu lama dijajah negara asing, Indonesia butuh merdeka agar tidak dijajah lagi"

Dari semua jawaban diatas, tidak ada yang menitik beratkan pada sebuah keagungan dari kata 'merdeka'. Merdeka bukan hanya hak bagi setiap negara. Tetapi untuk negara yang bisa melaksanakan kewajiban atas merdeka. Merdeka bukan hanya kesanggupan, tapi yang bisa bertanggung jawab atasmerdekanya. Dan bukan pula kebutuhan, tetapi juga merupakan keinginan dari hati masing-masing pribadi di negara merdeka, termasuk Indonesia.

Jika semua orang di Indonesia tidak mempunyai kesadaran untuk memahaminya, untuk apa kemerdekaan? Hanya sebuah status untuk mengetahui bahwa Indonesia adalah negara merdeka? Lalu, kenapa Indonesia harus merdeka?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar