CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Social Profiles

Facebook  Twitter  Google+ Soundcloud Instagram Yahoo

Rabu, Februari 12, 2014

Sekolah vs Bimbel (?)

Banyak sekali hal yang diperbincangkan mengenai seberapa besar peranan Bimbingan Belajar (Bimbel) terhadap kesuksesan masing-masing siswanya. Bahkan, peranan sekolah pun mulai dikesampingkan. Banyak sekali siswa yang mengaku lebih efektif belajar di Bimbel dibandingkan di sekolah. Selain itu, siswa bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga malam sekali di Bimbel untuk sekedar tambahan atau menyelesaikan materi yang belum benar-benar dipahami. Namun, apakah benar peranan sekolah sudah tidak terlalu banyak? Apakah bimbel sebaik itu?

Alasan mendasar bimbel lebih berperan dari sekolah karena bimbel bisa meningkatkan prestasi disekolah. Memang ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya benar. Prestasi siswa juga dipengaruhi faktor lain yaitu potensi otak dan mental siswa.

 Kalau masalah pembelajaran di bimbel lebih efektif dari pembelajaran sekolah relatif dari metode belajar itu sendiri. Apakah privat, small group, atau satu kelas terdiri dari 20 siswa. Metode yang terakhir terbukti tidak efektif dari pembelajaran biasa di sekolah, karena siswa yang terlalu banyak memecah konsentrasi dan fokus guru itu sendiri. Efeknya, samaa saja seperti di sekolah.

Tapi, untuk keseluruhan meski bimbel memiliki peranan sangat besar tapi sebenarnya sekolahlah yang membentuk pola belajar setiap siswanya. Terutama lingkungan belajar di sekolah yang mendukung. Semua itu tidak bisa didapatkan di bimbel. Pembentukan pola belajar yang mandiri itu karena sekolaah. Hampir separuh dari waktu kita dihabiskan disekolah.

Tidak ada alasan untuk seorang siswa memboloskan diri dari sekolah untuk bimbel. Bimbel punya waktunya tersendiri, setelah pulang sekolah. Lelah? Risiko yang diambil ketika memilih untuk mengikuti bimbel. Sekolah tidak bisa dipandang sebelah mata sama sekali.
Semua tergantung pada pilihan masing-masing, Resiko sudah dipertimbangkan ketika menentukan pilihan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar